Berbahaya bagi Android Waspadai 15 Aplikasi Antivirus Ini


Pengguna smartphone Android harus waspada dalam memilih aplikasi antivirus untuk perangkatnya. Para ahli keamanan dunia telah menemukan ada 15 aplikasi antivirus yang tidak menjalankan fungsinya dengan benar, dan malah berbahaya untuk perangkat yang menginstalnya.

Peneliti keamanan VPN Pro, Jan Youngren menjelaskan, ada 15 aplikasi antivirus yang sebenarnya berbahaya bagi perangkat Android pengguna. Ke-15 aplikasi tersebut dikatakan berpotensi berbahaya, tetapi banyak di antaranya masih tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan dilaporkan telah diunduh jutaan kali.

Menurut Youngren, aplikasi-aplikasi tersebut bermasalah karena terlalu banyak mengakses komponen di perangkat pengguna, tapi sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

"Itu karena mereka meminta pengguna untuk memberi mereka banyak izin berbahaya yang tampaknya tidak mereka butuhkan. Izin seperti mengetahui di mana Anda berada setiap saat, bisa menggunakan kamera Anda, dan bahkan menggunakan ponsel Anda tanpa sepengetahuan Anda," jelasnya, seperti dikutip The Sun.

Dua di antara aplikasi antivirus yang disebut Youngren berbahaya adalah Antivirus Free 2019 dan Security Master, yang telah diunduh lebih dari dua juta kali. Para peneliti yang melihat masalah ini mendesak pengguna untuk sangat berhati-hati dengan aplikasi yang mereka unduh.


Berikut daftar 15 aplikasi antivirus berbahaya sebagai berikut:

1. Security Master – Antivirus, VPN, AppLock, Booster
2. Clean Master – Antivirus, Applock & Cleaner
3. Antivirus Free 2019 – Scan & Remove Virus, Cleaner
4. 360 Security – Free Antivirus, Booster, Cleaner
5. Antivirus Android
6. Virus Cleaner 2019 – Antivirus, Cleaner & Booster
7. Super Cleaner – Antivirus, Booster, Phone Cleaner
8. Antivirus Free – Virus Cleaner
9. Virus Cleaner, Antivirus, Cleaner (MAX Security)
10. Super Phone Cleaner: Virus Cleaner, Phone Cleaner
11. Super Security – Antivirus, Booster & AppLock
12. Antivirus & Virus Cleaner (Applock, Clean, Boost)
13. 360 Security Lite – Booster, Cleaner, AppLock
14. Antivirus Free 2019 – Virus Cleaner
15. Antivirus Mobile – Cleaner, Phone Virus Scanner

Beberapa dari mereka telah dihapus dari Google Play Store, tetapi yang lain masih tersedia dan bisa diunduh bebas.

Mengingat masih ada aplikasi antivirus berbahaya di Google Play Store, para ahli keamanan siber menyarankan pengguna untuk selalu cek rating aplikasi dan pengembangnya yang punya reputasi baik, sebelum instal aplikasi. Pengguna Android juga diminta untuk selalu periksa izin aksesnya, jangan sampai ada permintaan mencurigakan yang ternyata mengorbankan data pribadi pengguna.

Sumber: kumparan(dot)com
Tag : Tips Lainnya
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top