Tips Perawatan Komputer Agar Tetap Awet



Komputer kini sudah menjadi hal penting untuk memenuhi kebutuhan manusian, baik untuk hiburan maupun urusan pekeejaan. Dengan bebagai pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan komputer, tentunya kita harus rutin untuk merawat komputer yang kita punya. Komputer jika terus dipakai apalagi sampai 24 jam, maka hal tersebut akan berdampak serius terhadap komputer itu sendiri.

Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang sangat riskan untuk mengalami kerusakan Misalnya pada RAM, jika RAM tersebut kotor atau bahkan rusak maka jika kita menghidupkan komputer tidak akan muncul apa-apa pada layar monitor. Maka dari itu perlu dilakukan perawatan yang rutin agar komputer yang kita punya tidak terlalu sering mengalami kerusakan.

Dalam perawatan komputer memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui. Berikut ini adalah tahapan-tahapan melakukan perawatan yang benar.

a. Bersihkan Hardware Komputer

Hal yang paling utama adalah membersihkan hardware-hardware yang tertancap pada Mother Board seperti, CPU, RAM, Harddisk, Power Supply, dan jangan lupa bersihkan juga casing dari komputer itu sendiri.

Rapihkan juga kabel-kabel yang tertancap, pastikan kabel-kabel tersebut tertancap pada tempat seharusnya. Untuk menghilangkan debu-debu yang menempel bisa anda gunakan kuas atau penyedot debu, supaya komputer anda tetap bersih.

b. Perhatikan Pendingin Komputer

Pendingin pada komputer adalah hal yang penting untuk mengurangi panas saat komputer sedang digunakan. Anda harus melakukan perawatan dengan meberikan pendingin pada komputer. 

Dengan menggunakan pendingin akan membantu komputer agar tidak cepat rusak akibat panas. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda menggunakan AC dalam suatu ruangan saat menggunakan komputer pada tempat tersebut.

c. Hapus Program Yang Tidak Penting

Setelah selesai dengan hardware, ada baiknya kita juga harus menghapus atau Uninstall Program-program yang tidak kita gunakan. Dengan demikian akan membantu kinerja komputer tersebut menjadi lebih cepat.

d. Jangan Lupa Mematikan Komputer

Untuk memulai perawatan komputer sebaiknya dimulai dari bagaimana cara kita mematikan komputer tersebut. Matikanlah komputer dengan benar dengan cara klik Star dan pilih Shutdown, atau bisa menggunakan tombol kombinasi alt + F4. 

Dengan mematikan komputer dengan baik akan membantu menghindari kerusakan permanen pada komputer. Sedikit informasi bahwa mematikan komputer sesuai dengan prosedur akan melindungi dan membuat semua komponen dapat beroprasi dengan baik.

e. Hapus File Sampah di Recycle Bin

Hapuslah file-file sampah yang menumpuk di Recycle Bin dengan cara klik kanan pada icon Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin. Dengan menghapus file-file sampah tentunya akan membuat ruang lebih pada penyimpanan komputer anda.

Untuk menghapus file secara permanen bisa anda lakukan dengan cara tekan Shift + del pada folder atau file yang ingin anda hapus. Dengan menggunakan tombol kombinasi tersebut, file yang anda hapus tidak akan masuk ke Recycle Bin melainkan akan langsung di hapus secara permanen dari komputer anda.

f. Gunakan Penstabil Tegangan

Dengan menggunakan Penstabil Tegangan akan membantu dalam menetralkan arus listrik yang masuk ke dalam komputer. Sehingga jika terjadi mati listrik mendadak, tidak akan berpengaruh besar terhadap komputer yang anda miliki.

Demikianlah Cara Perawatan Komputer yang Benar, semoga dengan melakukan tips-tips diatas komputer anda tidak terlalu sering mengalami kerusakan berat. Ingat, lakukanlah tips yang pertama secara berkala agar komputer tetap bersih dari debu-debu yang menempel.

Jangan lupa terus pantengin Blog saya, supaya anda mengetahui informasi atau tips-tips lainnya seputar dunia komputer. Terimakasih #HappyBlogging
Tag : Tips Lainnya
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top