Ceritakan Masalahmu Lewat Aplikasi Konsultasi Kesehatan Jiwa Ini


Pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2 telah membuat banyak orang terdampak. Tak hanya fisik, Covid-19 ternyata telah membuat psikologi atau kesehatan jiwa sejumlah orang terganggu.

Salah satu gangguan psikologi diduga terjadi akibat rutinitas yang terhenti, mulai dari rutinitas mencari nafkah hingga bersosialisasi. Bahkan, gangguan psikologi muncul akibat ketakutan atas penularan Covid-19.

Di tengah kondisi itu, pemerintah meluncurkan layanan psikologi yang bernama Sehat Jiwa (Sejiwa). Layanan Sejiwa bisa diakses melalui telepon ke nomor 119 ekstensi 8.

Selain layanan pemerintah, ada sejumlah situs atau aplikasi yang melayani konsultasi psikologi secara online.

Bicarakan.id

Bicarakan.id adalah sebuah platform konseling online yang menghubungkan orang yang memiliki masalah dengan seorang konselor/psikolog via online call.

Platform itu menyediakan sejumlah konselor dengan latar belakang bidang konseling yang berbeda-beda, mulai dari konselor pekerjaan, manajemen stres, kesehatan, pendidikan, romansa, keluarga, hingga hubungan sosial.

Platform itu mengklaim konselor yang disediakan bersifat open-minded, profesional, dan non-judgmental. Mereka juga menjamin privasi para orang yang berkonsultasi.

Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi yang berkonsentrasi pada bidang kesehatan, salah satunya psikologi. Pada platform tersebut, terdapat puluhan psikologi klinis yang setiap saat bisa diajak berkomunikasi. Untuk berbincang dengan psikolog, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp25-50 ribu untuk berbincang dalam waktu tertentu.

Alodokter

Aplikasi rintisan startup dalam negeri bernama Alodokter direkomendasikan bagi Anda yang ingin berkonsultasi dengan psikiater dan psikolog. Pengguna akan disuguhkan oleh daftar psikiater dan psikolog yang tergabung di Alodokter saat melakukan konseling.

Anda hanya diharuskan membayar Rp15 ribu untuk sekali konsultasi. Anda juga bisa melakukan konsultasi tatap muka dengan memanfaatkan fitur Buat Janji.

Riliv

Rilif adalah aplikasi yang memiliki fitur konsultasi online dengan psikolog secara anonim. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Meditasi Online Hening untuk memulihkan kesehatan mental dan dapat dilakukan di mana saja.

Terdapat juga sejumlah artikel kesehatan mental mulai dari bagaimana mengatasi stres pasca melahirkan sampai cara mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Gabut

Aplikasi Gabut merupakan aplikasi curhat secara anonim atau tidak mencantumkan identitas. Pada aplikasi itu, terdapat fitur Gabut Square yang memungkinkan untuk mengunggah hal-hal yang pengguna sukai seperti menggambar, menulis cerpen, dan lainnya.

Lewat aplikasi itu, setiap pengguna juga bisa bersosialisasi dengan sesama pengguna aplikasi Gabut.

Sahabatku

Sahabatku merupakan aplikasi konsultasi psikologi yang berisi psikolog alumni dari Universitas Indonesia (UI) yang sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari otoritas kesehatan.

Dengan adanya fitur 'Channel', memungkinkan Anda untuk menumpahkan segala keluh-kesah kepada ahlinya. Psikolog yang tergabung dalam aplikasi Sahabatku akan membalas cerita melalui alamat email atau surat elektronik yang kita cantumkan saat melakukan registrasi.

Sumber: cnnindonesia(dot)com

Tag : Serba Serbi
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top