Wow, Sekarang Kita Bisa Terjemahkan Teks Pakai Kamera di Google Translate


Teknologi sangat membantu manusia. Hampir segala hal yang sulit, kini bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan teknologi. Misalnya saja sulit memahami bahasa asing, kini ada aplikasi penerjemah seperti Google Translate yang bisa membantu kita. 

Aplikasi Google translate terus melakukan penambahan bahasa serta fitur untuk memudahkan pengguna. Fitur yang kini sangat membantu adalah penerjemahan yang bisa dilakukan kamera smartphone. 

Fitur yang dikenal kamera instan ini bisa menjadi penolong untuk memahami bahasa di lingkungan sekitar dan sangat membantu saat bepergian ke luar negeri. Meskipun smartphone pengguna tidak terhubung dengan data seluler ataupun Wi-Fi, fitur ini masih bisa digunakan untuk menerjemahkan teks yang ditangkap oleh kamera. 

Saat ini fitur kamera instan Google Translate telah menambahkan dukungan untuk 60 bahasa, seperti Bahasa Arab, India, Melayu, Thailand, dan Vietnam. Ada juga Bahasa Jawa, Sunda, dan Indonesia yang termasuk dalam database Google Translate. 

Google menggunakan teknologi Neural Machine Translation (NMT) untuk mendukung fitur kamera instan pada Google Translate. Berkat teknologi ini, terjemahannya akan lebih akurat dan alami, mengurangi kesalahan sampai 55 hingga 58 persen pada bahasa tertentu.  

Sebagian besar bahasa dapat diunduh ke perangkat, sehingga pengguna dapat menggunakan fitur ini tanpa koneksi internet. Namun, ketika perangkat terhubung ke internet, fitur akan menggunakan koneksi tersebut untuk menghasilkan terjemahan dengan kualitas yang lebih baik. 

Berikut ini cara untuk menerjemahkan suatu kata lewat kamera di Google Translate. 

- Pastikan smartphone kamu sudah mengunduh atau download aplikasi Google Translate. 
- Buka aplikasi Google Translate. Kamu bisa memilih terlebih dahulu bahasa yang akan dideteksi dan hasil terjemahannya. Jika tidak mengenal bahasa yang dideteksi bisa memilih "Detect Language" untuk deteksi bahasa otomatis. 
- Selanjutnya, ketuk ikon Camera. 

- Ada tiga opsi pada fitur kamera instan Google Translate. 

1.  “Instan” menerjemahkan teks asing ketika kamu mengarahkan kamera ke arah objek gambar. Seketika teks yang ada diobjek gambar, akan langsung diterjemahkan. 
2.  “Scan” memungkinkan kamu mengambil foto terlebih dahulu dan menggunakan jari untuk menyorot teks yang ingin diterjemahkan. Untuk fitur ini dibutuhkan koneksi internet. 
3. “Impor” memungkinkan kamu menerjemahkan teks dari foto yang sudah diambil dan disimpan pada galeri smartphone. Sama dengan opsi Scan, fitur ini juga membutuhkan koneksi internet. 

Bagaimana? Mudah bukan? Nah bagi kamu yang ingin berpergian ke luar negeri, tak perlu lagi takut membaca teks-teks petunjuk yang kamu temukan di perjalanan.

Sumber: kumparan(dot)com
Tag : Serba Serbi
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top