10 Pertanyaan Blogger Pemula Agar Belajar Ngeblog Bisa Pintar



10 Pertanyaan Blogger Pemula Agar Belajar Ngeblog Bisa Pintar, biasanya setiap blogger yang memulai terjun dalam dunia blog, pasti menggunakan flatform gratisan, ntah itu wordpress ataupun blogspot, namun jika dilihat dalam komunitas / forum blogger ternyata lebih banyak menggunakan blogger.com karena email mereka "@gmail"yang digunakan sudah terkait langsung jadi tidak ingin repot lagi.

Postingan ini mungkin suatu pengalaman admin saat mengenal blog tahun lalu, awalnya belajar melalui blogger namun ada juga wordpress tapi linknya dirahasiakan, menurut admin ada keunikan dalam dunia blogging salah satunya rasa penasaran itu.

Contoh di Era Modernitas semua serba digital, seperti ini yang admin lihat begitu banyak ternyata orang yang sukses dikantoran namun mereka rela meninggalkan pekerjaanya karena hanya sebuah blog, tentunya dengan alasan yang berbeda-beda, tetapi saya pribadi mungkin belum berani melakukan hal itu, karena resikonya sangat tinggi, dan tentunya sangat berat bagi pemula

Berikut ini adalah yang pernah saya tanyakan kepada teman-teman master dan mastah blogger indonesia, namanya saya rahasiakan saja ya ! apa 10 Pertanyaan Blogger Pemula Agar Panduan Belajar Ngeblog Bisa tersebut ?

10. Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Awalnya iseng join ke group blogger yang ada di facebook, dari sana setiap hari ada beberapa member sharing dan berbagi pengalaman mereka, dan ternyata bukan saya saja yang bertanya bagaimana membuat blog baru dan sebaiknya harus menggunakan flatform apa ?

Dan jawaban paling banyak pada saat itu, jika sebagai blogger pemula, anda gunakan saja, sebab dari sana anda menggunakan blogger.com punya google, anda bisa juga belajar HTML dan CSS, cetus seorang member, dan dicoba memang tidak terlalu sulit dan justru sangat gampang karena sudah ada panduanya serta koleksi kumpulan template juga banyak.

9. Bagaimana Cara Ganti Template blogspot

Karena saat pertama menggunakan themes bawaan blogger "defult" ternyata mata saya kurang menarik melihatnya, sebab diantara sobat blogger banyak menggunakan template yang keren dan widgetnya serba multi, dan saat itu juga saya pikir mereka menggunakan wordpress ataupun drupal serta jomla.

Namun apa yang saya pikirkan bertolak belakang, ternyata mereka juga pakai template XML blogger, nah pada saat itu sayapun sering bertanya kepada teman blogger bagaimana caranya mengganti template blogspot, dan sesudah mengerti dan paham ganti template, akhirnya pada awal bulan pertama bisa ganti template 3 kali dan penyakit itu " ganti template" masih muncul sampai sekarang kenapa ya ?.

Dan hal penting juga kalau memiliki template yang unik dan keren, agar bisa pengunjung yang datang melihat dengan kagum melihat tampilan layout template itu, sehingga benar-benar template yang sudah optimasi di mesin pencari yang tertanam dari anjuran master / pakar seo

8 Bagaimana Cara Setting Robot.txt Blogger

Setelah mengganti template, dan lebih mendalami pelajari blogspot, tenyata ada rahasia khusus untuk meracik bumbu yang disediakan didalam dasbor, ternyata saya tidak paham akan setting-mensetting, dan pertanyaan yang sangat sering saya tanyakan adalah seperti pada poin ke 8 ini, namun bukan hanya saya saja loh ! namun masih banyak juga blogger yang sudah bertahun-tahun kurang paham akan robot txt itu. karena kalau sudah berhubungan dengan system robot google tentu harus ada kehati-hatian YUP!!!

7. Bagaimana Cara Daftar Blog Ke Webmaster tools

Setelah setting robot txt, selanjutnya yang saya tanyakan, namun ini lebih banyak saya baca diblog sahabat blogger, dan mengikuti panduan dari tulisan mereka, sehingga hasil untuk register benar berhasil sampai dengan verifikasi kode di meta tag.

6. Bagaimana Cara Bertukar Link Dengan Teman Sesama Blogger

Pada posisi ke 6, ini sangat sering saya lakukan dan mengajak kira-kira mau tidak tukar link, sebab dari sini ada kesinambungan / kekeluargaan gitu sesama blogger, namun kelamaan blog walking akhirnya jarang update, dan kegiatan ini mulai berkurang saya lakukan, karena membuat artikel itu tidak mudah, dan harus teliti dan juga waktu membuat artikel sangat sempit, berbeda dengan blogger lainya yang bisa membeli artikel lewat jasa writter.

Dan kabarnya jasa penulis blog lumayan juga pendapatanya, mungkin anda punya keahlian menulis kenapa tidak mencoba rezeki dengan jadi jasa penulis profisional dan handal, sebab saya lihat dunia blogging indonesia akan semakin pesat beberapa bulan belakangan ini, mungkin tahun depan akan lebih banyak lagi pengguna blog yang menjanjikan

5. Bagaimana Cara Meningkatkan Visitor

Tentu setiap blogger tentu memiliki tujuan, salah satunya yaitu agar pengunjung banyak datang ke halaman yang kita tulis, kira-kira benar tidak ya !? dan inipun sering saya tanyakan kepada sobat blogger, dan untuk belajar dan mempelajari menarik visitor itu tidak mudah, apa lagi persaingan di mesin pencari, tentunya harus memiliki kekuatan seo agar bisa bersaing dengan yang lainya.

Sampai sekarangpun saya sering bertanya, tips agar bisa mendapat pengunjung secara organik, apakah ada kata kunci atau niche yang baik dan ampun menarik visitor seperti kilat dan dayang langsung dari mesin pencari bukan dari sosial media network maupun sosial boomark, karena ada beberapa alasan yang mungkin saya yang tahu. namun jika anda ingin memilih menarik visitor lewat sosial media facebook, twitter, intagram mapun tumblr silahkan saja, semua sah-sah saja.

4. Bagaimana Cara Mencari Backlink Berkualitas

Awalnya saya sangat bingung apa pengertian backlink, namun dengan berjalanya waktu, sedikit-demi sedikit paham juga apa itu backlink yang berkualitas terhadap blog yang kita kelola, jadi harus build dengan benar dan tepat sasaran, dan jangan sampai dianggap spam karena terlalu over cari backlink.

Mungkin bukan hanya saya saja yang pada awal nge-blog tanya seperti apa fungsi backlink itu ? sebab jenis dan macam-macam backlink sangat banyak dan bervariasi caranya, ada yang langsung menggunakan tools / software ada juga secara manual, dan bahkan ada beberapa blogger menjual murah backlink berkualitas seperti dari domain GOV,EDU

Kalau dilihat sangat banyak ya cara blogger mencari uang ? namun sekali lagi hal itu tidak mudah harus benar berjuang sampai menemukan program yang tepat.

3. Bagaimana Ganti Sub-Domain Blogspot

Nah pada poin ini karena sebagai blogger pemula, tentu blognya embel-embel sub-domain, jadi agar lebih terlihat keren dengan memakai domain berbayar seperti "com, net,biz,org" secara umum top level domain itu sering dipakai oleh teman-teman blogger.

Dan poin ini pernah juga saya tanyakan kepada teman blogger, dan dimana dia beli serta harga per tahunya, nah setelah menggunakan domain top level, awalnya sangat senang namun masalah dan kualitas persaingan di mesin pencari tidak ada pengaruh.

2. Bagaimana Cara Mencari Uang Dari Blog

Setelah beberapa bulan blogging, akhirnya pada awal setahun ngeblog ada tumbuh perasaan hati yang tentunya tidak bisa ditutupi, yaitu bagaimana menghasilkan uang lewat blog, sebab ada beberapa blogger yang masih sekolah, ibu rumah tangga serta mahasiswa, blogging menjadi alternatif mencari uang halal dengan mudah dan gampang "katanya"

Dan sering saya tanya di forum blog apa ya yang bagus untuk blog agar bisa menghasilkan uang dollar bin rupiah ? dari beberapa jawab-an mereka yaitu sebaiknya ikuti google adsense mbah google, selain itu bisa juga jualan melalui affiliasi produk amazon, lazada, ataupun reseller hosting dan jualan e-book, dan ternyata jualan ebook pun sangat perpeluang karena potensi pembaca di indonesia sangat sedikit jadi tinggal konten / artikel apa yang dibuat agar mereka tertarik.

1. Bagaimana Cara Daftar Google Adsense Agar Di Terima Full Approve

Karena paling banyak saat ini dan mungkin sampai saat ini saya juga akan bertanya bagaimana daftar blog agar bisa diterma menjadi publisher adsense, sebab dari program ini sangat banyak orang yang telah sukses, seperti saya posting beberapa orang publisher google adsense sebelumnya, selain itu google juga menyediakan tautan akun dengan youtube partner serta admob yang keduanya sama-sama fungsinya bisa menghasikan uang

Mungkin bisa jadi bukan hanya saya saja yang bertanya pada point ini, kemungkinan besar semua blogger pemula akan sama pertanyaanya, namun ada hal yang paling saya ingat yaitu jika bermain google adsense jangan penah main blackhat karena akan bisa akunya dibanned, lebih baik cara aman dengan cara white hat.

Demikianlah postingan hari ini, semoga bisa menambah wawasan kita, semoga berguna dan bermanfaat jika ada kesalahan itu datangnya dari penulis. terimakasih
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top