Posisi Duduk Yang Benar Saat Menggunakan Komputer



Bagi orang yang bekerja atau mahasiswa yang sedang banyak-banyaknya tugas, seharian di depan komputer bisa jadi sebuah rutinitas. Padahal kebiasaan itu bisa membuat tubuh cepat lelah. Terlebih pada bagian mata dan leher akan bereaksi lebih cepat sehingga menimbulkan kesulitan untuk berkonsentrasi. Meregangkan tubuh beberapa kali setiap jam atau sekadar menutup mata beberapa menit bisa menjadi solusi. Berikut ini ada tips yang bisa diterapkan agar tetap sehat dan bugar meski seharian berada di depan komputer.

1. Sejajarkan posisi mata dengan layar komputer



Dr. Jim Sheedy dari Pacific University menganjurkan untuk menempatkan posisi mata sejajar dengan bagian atas layar komputer. Sebab jika mata selalu melihat ke arah yang terlalu rendah, leher dan punggung akan mudah terasa sakit. Bahkan bisa membuat mata mengalami kekeringan.

2. Tempatkan posisi tubuh yang tepat




Seseorang sering kali menjulurkan leher ke arah depan, sehingga ketidakseimbangan menyebabkan ketegangan pada leher dan tulang belakang. Untuk mengurangi ketegangan otot-otot, caranya adalah dengan memosisikan tubuh dengan tegak dan layar komputer harus sedikit lebih tinggi.

3. Atur jarak antara monitor ke mata sekitar 50-60 cm




Jarak ini adalah ideal agak fokus mata sesuai ke layar monitor, jika terlalu dekat atau jauh akan menyebabkan kerusakan mata anda dalam jangka panjang

4. Bagian Punggung



Duduk dengan punggung yang tegak dan rileks merupakan posisi yang benar saat menggunakan komputer. Badan yang terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau ke kanan, dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan agar seluruh punggung terasa dengan baik oleh sandaran kursi.

5. Perhatikan Bagian Kepala dan Leher




Aturlah agar posisi kepala dan leher Anda tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan posisi ini, Anda akan sanggup bertahan lebih lama di depan komputer dan tidak cepat merasa lelah. Posisi leher yang terlalu lentur dan kepala menengadah atau menunduk saat menghadap monitor tidak dibenarkan karena dapat membuat Anda cepat lelah.

6. Perhatikan juga Bagian Kaki




Pastikan kaki Anda memijak lantai atau pijakan kaki pada kursi. Jangan biarkan kaki menggantung atau menjinjit saat duduk karena bisa mengganggu struktur tulang dan persendian pada kaki. Akibatnya, Anda cenderung mudah merasakan sakit pada otot maupun sendi kaki.

7. Bagian Pundak



Aturlah posisi duduk sedemikian rupa agar otot-otot pundak tidak tegang. Usahakan agar pundak tidak terlalu ke bawah atau tidak terlalu tegak.

Bonus: 
Berikut adalah macam macam bentuk duduk yang nyleneh yang juga tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, :

1. Posisi apaan ini yakk (nungging kali, hahaha)


2. Nyante amat nih posisi...., Hmmmm....


3. Ampe segitunya maenin Laptopnya, hihihi.....


4. Kalo ini mah, sekali dayung dua tiga komputer terlampaui... hahaha


Cukup sekian tips dari saya tentang Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer. Semoga dapat diterapkan teman teman semua di kehidupan sehari hari.
Tag : Tips Lainnya
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top